Rabu, 04 Mei 2011

Manajemen Waktu = Me Time




Merasa selalu kehabisan waktu dan tidak bisa bersantai.....Kelola waktu dengan efisien dan efektif untuk ibu2 muda yang aktif......ikuti tips berikut :

1. Buat Jadwal
Bagi tugas-tugas rumah tangga kedalam jangka waktu harian, tuga harian, mingguan, atau bulanan. Misalnya membersihkan kamar setiap hari, cuci baju dua hari sekali, belanka satu minggu sekali. Dengan penjadwalan ini penggunaan waktu akan lebih efisien, dan kita juga tidak kewalahan. Biasakan juga buat check list dan berikan tanda untuk setiap jadwal yang sudah dijalankan.
* Hemat waktu : 30 menit

2. Fokus pada wilayah yang bermasalah
maksudnya curahkan perhatian extra perhatian pada area rumah yang cepet kotor dan beranatakan  meski baru dibersihkan misalnya ruang bermain, dapur,dll.
Bersihkan segera area itu jangan ditunda karena jika ditunda akan semakin menumpuk dan susah untuk dibersihkan sehingga butuh waktu lebih lama.
* Hemat waktu : 15 menit

3. Organisir Perkakas
Kategorikan benda sesuai dengan fungsinya, contoh satu kotak peralatan bersih2, satu kotak peralatan pertukangan,dll. letakkan ditempat yang mudah dijangkau jika sering digunakan, dengan cara itu kita akan lebih mudah mencari barang.
* hemat waktu : 10 menit

4. Belanja Seminggu Sekali
Siapkan list belanjaan dan pilih swalayan yang komplit sehingga tidak perlu pindah dari satu toko ke toko lain. dengan cara ini akan lebih menghemat tenaga, waktu, bensin dan uang, daripada bolak balik kepasar 2-3 kali seminggu. selain itu pelajari cara menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama untuk satu minggu.
* hemat waktu: 30 menit

5. Memasak dalam jumlah banyak dan disimpan .
Buat lauk pauk dan bumbu dalam jumlah banyak misalnya rendang, ayam,daging,ikan yang diungkep dan simpan dalam wadah2 ukuran satu kali saji untuk menghindari pemanasan berulang ulang. dengan membuat lauk pauk ini menghindarkan kita membeli fast food disaat malas memasak.
*hemat waktu : 30 menit

6. Libatkan Keluarga untuk mengerjakan tugas masing-masing
Anak Balita ktia sudah bisa dilibatkan lho dalam mengerjakan tugas kita....dia bisa makan sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri....selain melatih tanggung jawab juga meringankan tugas kita.
*hemat waktu : 10 menit

7. Manfaatkan Online Banking
untuk membayar PAM, Listrik, telepon dll sehingga kita tidak membuang waktu banyak untuk antre di ATM atau di bank.
* Hemat waktu: 10 menit

8. Beli barang2 yang tidak terduga saat belanja mingguan
contoh bola lampu, kado ulang tahun, kertas kado. dengan barang2 ini kita tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk membeli satu barang.
*hemat waktu: 30 menit

9. Kerjakan bersamaan
contoh menyedot debu saat mesin cuci bekerja, menyikat lantai kamar mandi saat kita mandi, melakukan transaksi online banking saat menunggui anak sekolah.
* hemat waktu : 10 menit

kita bisa menggunakan waktu yang dihemat untuk kita sendiri = me time.
so buat mommy mommy muda manfaatkn me time untuk kita relax sesaat dari rutinitas...:)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar